Pengolahan Data Statistik pada Microsoft Excel 2007 : Analisis Stastistik Deskriptif(1)

Beberapa orang mungkin tak kan mengira jika Microsoft Excel 2007 (dan untuk seterusnya disingkat menjadi Excel2007) memiliki kemampuan untuk mengolah data statistik. Nah, kali ini akan saya coba untuk menghadirkan sedikit tutorial singkat mengenai pengolahan data statistik deskriptif pada Excel2007.

Sebelum melakukan analisis data statistik di Excel2007, kita perlu untuk mengaktifkan Analysis ToolPak. Langkah-langkanhnya sebagai berikut:
1. Buka Excel2007, Pada Office Button pilih Excel Option(paling bawah).

2. Pilih menu "Add-Ins", pada pilihan "Manage" pilih "Excel Add-ins". Lalu klik "Go" (lihat gambar).
3. Maka akan terbuka jendela "Add-Ins"(seperti gambar dibawah). berikan tanda check pada "Analysis ToolPak". Kemudian klik "OK"



4. Jika sebelumnya Anda belum pernah mengaktifkan fitur ini sebelumnya maka akan muncul jendela konfigurasi default Office 2007. Tunggu hingga proses selesai.

5. Jika konfigurasi berhasil, maka akan terdapat tambahan menu "Data Analisis" pada ribbon "Data" seperti gambah dibawah ini.


Analisis Statistik Deskriptif
Statistika deskriptif berkenaan dgn bagaimana data dapat digambarkan dideskripsikan) atau disimpulkan baik secara numerik (misal menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik) utk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut sehingga lbh mudah dibaca dan bermakna. 
Untuk lebih singkatnya, kita kerjakan saja contoh kasus di bawah ini:
Buatlah sekumpulan nilai ujian nasional yang range-nya dimulai dari 0-100 sebanyak 20 data. Contoh lihat gambar.

Penyelesaian:
Hal pertama yang kita lakukan adalah mencari ukuran pemusatan. Ini berkenaan dengan mencari Mean, Median dan Modus. Mean merupakan jumlah semua nilai dibagi dengan banyaknya nilai, atau lebih singkatnya mean adalah rata-rata. Rata-rata bisa dicari manual dengan menggunakan fungsi AVERAGE. Median merupakan nilai yang berada di tengah setelah data diurutkan, sedangkan modus adalah nilai yang paling sering mucul dari segugus data yang ada. Untuk menyelesaikan contoh kasus di atas mari kita ikuti lagkah berikut:
1. Pada ribbon "Data" klik menu "Data Analysis", maka akan muncul window seperti gambar dibawah. Pilih "Descriptive Statistics". Lalu "OK".

2. Pada window "Descriptive Statistics", isikan pada "input range" (kotak warna merah sebelah kanan) kolom nilai ujian tadi (kotak warna merah sebelah kiri), isikan "output range" (kotak biru di sebelah kanan) dengan cell dimana kita akan meletakkan hasil perhitungan statistik, untuk "summary statistics" dan "Confidence Level for Mean:" dalam keadaan tercentang. Lalu klik tombol "OK".
3. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:
Kesimpulan:
Nah, dari data yang disajikan di atas, dapat disimpulkan :
Mean = 54,8
Median = 58
Modus = 60

Penutup:
Sekian artikel sederhana dari saya ini. Artikel selanjutnya kita akan mencari ukuran sebaran dan pembuatan histogram berupa grafik. Semoga artikel dari saya ini bermanfaat. Jangan lupa komentarnya ya. Keep bloggin'..... :))


7 komentar to "Pengolahan Data Statistik pada Microsoft Excel 2007 : Analisis Stastistik Deskriptif(1)"

Posting Komentar