Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Bagi kalian yang terbiasa mobile, laptop menjadi sahabat terbaik kalian. Tentunya kalian tidak ingin sahabat kalian ini ngambek hanya karena daya tahan baterainya menurun. Ini sangat mengesalkan bukan. Nah, tulisan ini akan membahas bagaimana kita merawat baterai laptop lebih tahan lama.

1. Lakukan Defrag pada Hard Drive(HD) secara Berkala
Layaknya susunan file yang berantakan dalam kabinet, kita tidak akan mudah atau bahkan sangat kesulitan untuk menemukan sebuah file yang kita cari. Begitu juga HD kita yang memiliki susunan file yang berantakan, processor akan memerintahkan HD untuk berputar lebih lama, ini berarti lebih banyak energi yang dibutuhkan sehingga dapat membuat baterai laptop cepat drop. Lakukan defrag secara teratur tiap 2 minggu sekali, atau saat setelah menginstal aplikasi/program, atau mengcopy data dalam ukuran yang besar. Selain dapat meningkatkan daya tahan baterai, defrag juga dapat menambah kinerja. Aplikasi untuk mendefrag HD sudah disediakan oleh Windows yaitu pada Start>All Programs>Accessories>System Tool>Disk Defragmenter. Pilih Partisi yang akan didefrag, lalu tekan tombol Defragment.

2. Redupkan Layar
Makin terang layar laptop, berarti makin banyak energi yang terpakai. Laptop saat ini dilengkapi dengan program utiliti yang digunakan untuk meredupkan layar laptop. Beberapa merk laptop juga sudah memiliki sensor yang mampu mengukur intensitas cahaya. Layar laptop akan otomatis meredup jika di tempat gelap dan menjadi cerah ketika di tempat yang terang, sehingga kita tidak perlu mengatur lagi tingkat kecerahan layar laptop.

3. Mengurangi Perangkat Eksternal
Perangkat eksternal ternyata tak luput dari bidikan. Memang kenyataannya demikian, media penyimpanan beruda UFD atau HD external, alat komunikasi seperti modem, bluetooth, atau wi-fi  banyak menguras baterai laptop. Cabut saya atau disable perangkat yang tidak diperlukan. Ini berpengaruh sangat signifikan terhadap ketahanan baterai.

4. Jangan Menggunakan Optical Disk Drive Terlalu Lama
Layaknya HD, ODD juga memerlukan daya, bahkan jauh lebih banyak dibanding dengan HD. Jadi agar baterai laptop bertahan lebih lama, jangan menggunakan ODD jika tidak diperlukan.

5. Membersihkan Kotak Baterai
Bersihkan kotak baterai dari debu dengan lap bersih atau kuas agar aliran energi menjadi lancar. Selain itu, menghindari terjadinya arus pendek yang dapat membut baterai panas dandapat merusak motherboard.

6.Perawatan terhadap Baterai
Perawatan terhadap baterai bisa dimulai dari menggunaka charger yang kompatiber dengan baterai laptop kita. Jika charger laptop rusak, usahakan membeli baterai berasal dari vendor laptop yang sama karena jaminan terhadap kualitas dan kompabilitas yang tinggi. Berikutnya, jika kita ingin menggunakan laptop dalam selang waktu yang lama, sebaiknya pasang charger hingga baterai laptop penuh, setelah itu cabut baterai laptop, sehingga daya murni didapat dari charger. Hal ini bisa dilakukan di tempat-tempat yang kemungkinan listriknya tidak pernah mati, seperti di pusat perbelanjaan, kampus atau cafe-cafe yang menyediaka akses wi-fi. Tidak dianjurkan untuk melakukan hal tersebut di rumah, karena listrik di rumah (apalagi di tempat kos) sangat rawan mati. Pemutusan arus listrik secara mendadak dapat merusak komponen-komponen pada laptop, terutama Hard Disk.

7. Aturan Charging (Isi Ulang Baterai)
Kita sering kali menyepelekan aturan pengisian ulang baterai, baik pada handphone, MP3 player, dan perangkat mobile lain tak terkecuali laptop. Agar baterai kita dapat bertahan lama, isi ulang baterai laptop hingga penuh dan charge bila hampir habis.

8. Mematikan Process yang tidak Berguna
Ternyata process yang berjalan pada komputer juga mempengaruhi ketahanan baterai. Banyaknya process yang berjalan membuat CPU dan memory serta aliran data pada motherboard bekerja lebih berat, sehingga dapat menurunkan daya pada baterai secara signifikan. Matikan saja process yang tidak berguna pada Task Manager. Lakukan dengan hati-hati agar tidak salah mematikan process. Kesalahan mematikan process dapat menyebabkan laptop crash, hang, atau error.

Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.


1 komentar to "Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama"

  • Min, bagaimana kalau dlm keadaan Perangkat sedang di recharge dan kita menjalankan suatu aplikasi seperti game, microsoft excel dll, apakah batrai tsb tidak berpengaruh.

Posting Komentar